MENENTUKAN EFISIEN SET UNTUK MEMPEROLEH PORTOFOLIO YANG OPTIMAL BERDASARKAN MODEL MARKOWITZ

Standar

Memilih Portofolio Dari Aktiva Berisiko
Diversifikasi yang disarankan oleh Markowitz mengacu pada pembentukan portofolio yang memiliki tingkat pengembalian tertinggi pada tingkat risiko tertentu. Portofolio semacam itu disebut Markowitz Efficient Portofolio (MEP). Untuk membentuk MEP, teori ini menggunakan beberapa asumsi dasar mengenai perilaku pemilihan aktiva.

  • Pertama, diasumsikan hanya ada dua parameter yang mempengaruhi keputusan investor, yaitu pengembalian yang diharapkan dan varians. Maka, investor membuat keputusan dengan menggunakan model dua parameter yang dirumuskan oleh Markowitz.
  • Kedua, diasumsikan investor cenderung menghindari risiko (yaitu jika menghadapi pilihan dua pilihan investasi dengan tingkat pengembalian yang sama, maka dipilih investasi dengan risiko yang lebih kecil).
  • Ketiga, diasumsikan investor akan memilih portofolio yang menawarkan pengembalian tertinggi dengan tingkat risiko tertentu.
  • Keempat, diasumsikan selurh investor memiliki pengharapan yang sama dalam hal pengembalian diharapkan, varians dan kovarians bagi aktiva berisiko. Asumsi ini disebut dengan asumsi pengharapan sama.
  • Kelima, diasumsikan bahwa selurh investor memiliki periode waktu investasi yang sama.

Portofolio yang Efisien dan Portofolio yang Mungkin
Portofolio yang mungkin adalah portofolio yang dapat dibentuk oleh investor dari aktiva yang tersedia. Kumpulan portfolio yang mungkin disebut dengan serangkaian portofolio yang mungkin digambarkan sebagai kurva yang menunjukkan kombinasi risiko dan pengembalian yang dapat dicapai dengan jalan membentuk portofolio dari kombinasi dua aktiva yang tersedia. Dalam Gambar 4-1 serangkaian portofolio yang mungkin dinyatakan sebagai kombinasi saham C dan D dengan E(Rp) dan SD (Rp) ditunjukkan pada Tabel 4-1 dan ditunjukkan oleh kurva 1-5

Gambar 4-1. Serangkaian Portofolio yang Mungkin dan yang Efisien bagi Saham C dan
Saham D

Jika dipertimbangkan untk membuat kombinasi lebih dari dua aktiva, maka rangkaian portofolio yang mungkin tidak lagi berbentuk garis kurva, namun akan ditunjukkan sebagai wilayah berbayang-bayang dalam gambar 4-2.
Gambar 4-2. Rangkaian Portofolio yang Mungkin dan Efisien jika terdapat lebih dari dua
Aktiva

Berlawanan dengan portofolio yang mungkin, portofolio efisien Markowitz adalah portofolio yang memberikan tingkat pengembalian tertinggi di antara portofolio yang memberikan tingkat pengembalian tertinggi di antara portofolio yang ada dengan tingkat risiko yang sama. Portofolio efisien Markowitz disebut juga mean-variance efficient Markowitz. Jadi untuk setiap tingkat risiko terdapat portofolio efisien Markowitz. Kumpulan dari seluruh portofolio efisien disebut kumpulan portofolio yang efisien Markowitz.

Hal ini dapat ditunjukkan secara grafis pada Gambar 4-1. Kombinasi saham C dan D terletak pada bagian kurva 2-5 dalam gambar. Kombinasi saham C dan D yang efficient Markowitz ini menawarkan pengembalian tertinggi dengan tingkat risko tertentu.
Gambar 4-3 juga menunjukkan kumpulan portofolio efisien Markowitz. Seluruh portofolio pada kumpulan portofolio efisien Markowitz mengalahkann portofolio pada wilayah berbayang-bayang.
Gambar 4-3. Pemilihan portofolio yang Optimal
Kumpulan portofolio efisien Markowitz disebut kumpulan portofolio efisien Markowitz karena secara grafis seluruh portofolio tersebut terletak pada batas serangkaian portofolio yang mungkin yang memiliki pengembalian maksimal untuk tingkat risiko tertentu. Setiap portofolio di atas kumpulan portofolio efisien Markowitz tidak dicapai. Sedangkan portofolio di bawah kumpulan portofolio efisen Markowiz tidak sebaik portofolio pada kumpulan portofolio Markowitz.

Memilih suatu Portofolio dalam Markowitz Efficient Frontier (MEF)
Setelah pembentukan MEF, langkah selanjutnya adalah menentukan portofolio yang optimal. Seorang investor ingin mengelola salah satu portofolio dari MEF. Perhatikan bahwa portofolio-portofolio pada MEF menunjukkan adanya timbal balik antara risiko dan pengembalian. Jika suatu portofolio pada MEF berada semakin ke kanan, maka semakin meningkat risiko yang dihadapinya demikian pula dengan pengembalian yang diharapkan. Portofolio terbaik untuk dikelola adalah portofolio yang optimal.
Portofolio optimal seharusnya bergantung pada preferensi investor yang berkaitan dengan trade-off antara risiko dan pengembalian yang dimilikinya. Sebagaimana yang dijelaskan pada bagian awal bab ini, preferensi ini dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi kegunaan.
Dalam gambar 4-3, ada tiga kurva indiferen menunjukkan kombinasi risiko dan pengembalian yang diharapkan yang memberikan tingkat kegunaan yang sama. Semakin jauh kurva indiferen dari suatu sumbu horizontal, semakin tinggi kegunaan/kepuasan.
Gambar 4-4. Pemilihan Portofolio yang Optimal dengan Kurva Indeferen yang Berbeda
U1,U2,U3 = kurva-kurva yang tidak berbeda dengan U1<U2<U3
PMEF = portofolio yang optimal pada MEF

Ketidakmampuan dalam mengukur fungsi kegunaan bukan berarti teori yang ada tidak baik. Maksudnya adalah pada saat investor membentuk MEF, investor secara subyektif akan menentukan portofolio mana yang sesuai dengan toleransi risiko yang bersedia dihadapinya.

7 thoughts on “MENENTUKAN EFISIEN SET UNTUK MEMPEROLEH PORTOFOLIO YANG OPTIMAL BERDASARKAN MODEL MARKOWITZ

  1. uwie

    mau liat markowitz…
    btw,mba/mas tau keunggulan metode portofolio markowitz tdk??
    sy lagi nyari untuk skripsi sy..
    mhn bantuannya y…
    thanx!!

  2. Neng

    silakan kalau mau liat-liat….download juga boleh………….
    untuk keunggulan teori markowitz setau saya di bukunya pak jogiyanto “dasar-dasar teori portofolio” dibahas terperinci keungglannya…………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s