SIMPOSIUM NASIONAL EKONOMI ISLAM Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam

kampanye nasional FOSSEI

[fossei.org pekanbaru 16/05/08] Bertempat di kota Pekanbaru, Riau tepatnya tanggal 12-14 Mai 2008, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) menyelenggarakan sebuah kegiatan berskala nasional dalam rangka memperingati ulang tahun FoSSEI ke-8, yaitu Seminar Nasional yang dilanjutkan dengan Simposium Nasional. Meskipun kegiatan ini hanya dihadiri oleh perwakilan dari 6 Propinsi dari anggota FoSSEI, namun kegiatan ini tetap berlangsung sukses dan meriah.

Hari pertama peserta diajak untuk mengikuti Seminar Nasional bertempat di Aula BI Pekanbaru, dengan pemateri Bpk Ardian Yunanto (Direktorat Kebijakan Pembiayaan Syariah-Depkeu), Bpk Gatot Sugiono (Pimpinan BI Pekanbaru) dan Bpk Irfan Syauqi Beik (Pengamat Ekonomi Islam). Seminar yang bertemakan “Perkembangan Praktek Ekonomi Islam dan Pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi Daerah” ini dihadiri oleh 180 peserta yang mahasiswa, praktisi, akademisi dan wartawan.

Selanjutnya peserta kembali ke penginapan untuk membahas Simposium Nasional dari 3 propinsi di Indonesia yaitu Riau, Sumatera Barat dan Yogyakarta tentang perkembangan dan tantangan ekonomi syariah di masing-masing daerah. Simposium ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk pihak-pihak yang berwenang yaitu antara lain:

REKOMENDASI HASIL SIMPOSIUM EKONOMI ISLAM

1. BI sebagai otoritas perbankan tertinggi di Indonesia mengupayakan pengembangan perbankan syariah dalam bentuk program kerja yang terintegritas.

2. Melakukan sosialisasi secara Sistimatik dan Holistik guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perbankan syariah.

3. Segera sahkan RUU perbankan syariah.

4. Intensifkan peran ulama, tokoh masyarakat, dan lembaga pendidkan dalam mensosialisasikan perbankan syariah.

5. Memasukkan kurikulum Ekonomi islam untuk tingkat pelajar SMP dan SMA.

Esok harinya (13/05) para peserta melakukan aksi damai di bundaran air mancur Pekanbaru sebagai bentuk kampanye nasional ekonomi syariah disertai dengan membawa dan menyerahkan hasil rekomendasi SImposium Nasional kepada BI Pekanbaru dan Gubernur Riau sebagai dukungan dan tekanan kepada mereka untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah, khususnya perbankan syariah.

Selain itu, FoSSEI juga melakukan siaran pers dan dialog di RRI Pekanbaru selama satu jam dengan memaparkan perkembangan ekonomi syariah dan mengajak semua masyarakat Pekanbaru untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah dengan salah satu cara yaitu turut menabung di Bank Syariah.

Di akhir acara (14/05) kegiatan ditutup dengan peringatan MILAD ke -8 FoSSEI dan sambutan serta dukungan dari perwakilan dari walikota Pekanbaru. Semoga sekelumit kegiatan ini bisa menjadi percikan-percikan kebangkitan ekonomi syariah di Indonesia. Diharapkan untuk FoSSEI masing-masing regional membawa hasil Simposium ini dan menyerahkannya kepada pihak-pihak yang berwenang. [Farizal-COCODA]

Tentang Neng

Sweet. Cute. Young. Smart. and It's Wrong
Pos ini dipublikasikan di FOSSEI dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke SIMPOSIUM NASIONAL EKONOMI ISLAM Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam

  1. imamanshor berkata:

    enggih enggih. mbo ojo galak galak toh bu. wedi aku. tanks yoooooooooo ilmu ne

  2. sri Mulyani berkata:

    wah,…kegiatannya seru. kalo da kegiatan baru dikabari ya,……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s